Setelah Resign, Lakukan Hal Ini

Bila sebelumnya pagi kamu terasa berat, maka pagi setelah resmi mengundurkan diri akan menjadi pagi yang begitu ringan; setidaknya bagi saya demikian. Ups !
Setelah memantapkan hati untuk resign, maka hal berikut ini bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang yang berharga.

Tertib Administrasi
Mengurus segala sesuatu yang bersifat administratif seperti Jamsostek atau BPJS TK dan atau BPJS Kesehatan perlu dilakukan, tidak hanya itu, parklaring dan Surat Keterangan dari Disnaker yang menyatakan kamu resmi keluar dari perusahaan  juga sebaiknya segera kamu urus. Parklaring bukan saja perlu untuk dokumen saat pencairan JHT BPJSTK tapi juga bisa menjadi dokumen pelengkap saat kamu melamar pekerjaan di perusahaan lain. Di beberapa program beasiswa ada juga pihak sponsor yang meminta untuk melengkapi parklaring, so segera di follow up ke HRD.

Kabar baik bagi kamu peserta BPJS TK yang resign atau mengundurkan diri, dengan masa tunggu setelah berhenti kerja minimal satu bulan atau sekitar 30-31 hari, dimana status BPJS TK sudah tidak aktif (status bisa kamu cek online melalui web atau install aplikasi BPJS TK) dan belum bekerja lagi, boleh mencairkan JHT di Kantor BPJS TK atau bisa juga diajukan secara online melalui layanan e-klaim JHT.

Siapkan dokumen hardcopy berikut sebelum datang ke kantor BPJS TK untuk claim JHT 100% :

  • Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Asli,
  • Paklaring (Surat pengalaman bekerja/surat keterangan sudah berhenti bekerja) Asli,
  • E-KTP Asli,
  • Kartu Keluarga (KK) Asli,
  • Buku Tabungan Asli untuk Pencairan JHT BPJS TK,
  • Sertakan fotokopi minimal 1 lembar untuk masing-masing dokumen di atas.
  • Pas foto 3×4 dan 4×6 masing-masing 4 rangkap (diminta pas foto untuk special case)

  • Jika kamu claim melalui e-Klaim, yang kamu perlu siapkan softcopy untuk di unduh / upload pada laman e-form. Pengalaman saya beberapa waktu lalu menggunakan antrian online, prosesnya sangat cepat. Silahkan di coba, caranya cukup mudah. Klik https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ kemudian isi semua data yang diperlukan. Setelah selesai, kamu akan menerima SMS / Email konfirmasi pendaftaran. Silahkan datang sesuai jadwal yang kamu pilih, harap tepat waktu. Setibanya dikantor BPJS TK, silahkan ambil formulir klaim yang diperlukan dari petugas, kemudian tunjukkan SMS atau email konfirmasi ke petugas, kamu akan mendapat nomer antrian prioritas, silahkan tunggu sampai nomer kamu di panggil petugas. Jika semua dokumen lengkap dan data kamu valid, dana akan masuk ke rekening kamu maximal 5 hari kerja.

    Ulasan lengkap mengenai pencairan JHT 10% dan 30% BPJS TK akan saya posting dikemudian hari.

    Update Profil di Laman Kerja Online
    Jika kamu memiliki account di jejaring pencari kerja seperti Jobstreet, LinkedIn, atau lainnya, silahkan update profil kamu sesegera mungkin, ini akan memudahkan para HRD pencari kandidat menemukan profil mu. Disamping ini, kamu juga bisa mulai melirik perusahaan atau bidang pekerjaan yang kamu akan geluti.

    Ambil Waktu Relaksasi
    Ini perlu kamu lakukan, setelah keluar dari pekerjaan yang menuntun konsentrasi dan effort, berikan waktu tenant sejenak ke diri sendiri. Lakukan aktifitas yang menyenangkan, apakah itu aktifitas indoor atau berwisata ke daerah yang sangat ingin kamu kunjungi sebelumnya namun terkendala cuti. Tujuannya adalah melupakan sejenak permasalah dan nikmati ketenangan. Dengan melakukan penyegaran kembali kamu akan jauh lebih siap untuk menghadapi tantangan dan rencana baru.

    Crosscheck Rencana Masa Depan
    Setelah pikiran tenang adalah saat tepat untuk melihat kembali atau review rencana masa depan yang sudah kamu susun, apakah perlu revisi atau justru mengingatkan kamu agar lebih fokus mencapai beberapa target masa depan. Kamu juga bisa menggunakan waktu luang untuk mencoba berwirausaha atau hal lain yang berpeluang mengembangkan skill yang kamu miliki. Intinya Live your dream !

    Cermat memanfaatkan Tabungan
    Setelah resign pendapatan kamu pun ikut berubah. Cermatlah memanfaatkan uang yang kamu miliki saat ini. Sekalipun jumlahnya besar, kamu harus membuat estimasi life cost atau jurnal keuangan setidaknya 4-6 bulan kedepan. Sebagai mantan banker, saya lebih melirik investasi yang mudah dalam pencairan, seperti deposito. Dengan suku bunga sekitar 5-6 % per tahun dan banyaknya pilihan tenor mulai dari 1, 3, 6, dan 12 bulan, memudahkan kamu dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Ada juga investasi lain seperti saham atau reksadana atau bahkan mungkin logam mulia. Semua ada plus minus-nya.

    Waktu untuk Orangtua dan Keluarga
    TIdak bisa dipungkiri, saat masih menjadi pekerja tentu waktu yang kamu miliki untuk orangtua dan keluarga terbatas. Jadi, saat ini coba luangkan waktu lebih banyak untuk orangtua dan keluarga. Lakukan aktifitas bersama seperti membersihkan rumah orangtua, menemani jalan-jalan, memasak makanan kesukaan orangtua atau mungkin melakukan ibadah bersama. Lebih dari segalanya, waktu kamu adalah sesuatu yang orangtua inginkan apalagi di usia mereka yang sudah tidak lagi muda.

    Silaturahmi dan Aktivitas Sosial
    Mungkin sedikit yang memasukan kegiatan ini dalam list dikarenakan ada perasaan khawatir bertemu teman dalam kondisi sedang tidak bekerja. Singkirikan perasaan itu, teman baikmu pasti mendukung keputusanmu. Justru bisa saja mereka sebenarnya ingin di posisi kamu saat ini namun belum memiliki keberanian dikarenakan beberapa faktor internal. Kunjungi dan bergabunglah dengan kegiatan sosial yang ada disekitar kamu, ini akan membawa rasa bahagia tersendiri dan banyak hal baru yang akan kamu temukan. Oia, tetap bangun relasi atau networking yang sehat.

    Lakukan Hobby
    Mungkin ini menjadi urutan pertama dalam to do list kamu. Wow kalau begitu kita sama !
    Melakukan hobby lama atau menciptakan hobby baru sama seru-nya. Dalam setahun belakangan, saya hampir melakukan semua yang saya suka. Bahkan juga melakukan beberapa kegiatan yang belum pernah saya lakukan sebelumnya seperti; belajar menyulam dan merajut benang, bergabung dengan club traveller dan so on. Jika kamu punya hobby travelling, melakukan solo travelling ke tempat baru bisa jadi alternatif kegiatan yang memacu adrenalin. Saya akan ulas mengenai tips solo travelling khususnya untuk kamu para wanita di artikel berikutnya. Lakukan hobby sampai hobby kamu yang akan membayar mu, dengan begitu kamu akan melakukan hobby mu seumur hidup. 

    Pola Hidup Sehat
    Meskipun di bahas pada urutan terakhir, tapi hal ini sangat penting. Saya akui di bulan pertama setelah resign, sangat mengubah jam biologis saya, ada perubahan jam sarapan, makan siang bahkan jam tidur. Tidak jarang saya mengalami insomnia dan menjadi pegadang (bukan pedagang). Sungguh benar kata bang Rhoma, begadang itu menyiksa tubuh. Saya memaksa diri untuk keluar dari kondisi ini dengan lebih konsisten melakukan olah raga dan semaksimal mungkin mengkonsumsi makanan sehat.

    Banyak hal lainnya yang bisa di lakukan, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Apapun yang bersifat positif dan mengembangkan skill juga networking kamu, go for it !
    Dan satu pesan penting saat kamu mungkin akan menghadapi sesi interview di perusahaan lain, hindari memberi kesan buruk tentang perusahaan terdahulu baik management maupun kinerja team kamu sebelumnya. Bijaklah memilih statement atau alasan kenara kamu mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya.
    Siapa tau suatu hari nanti kamu butuh dukungan, ingat kalimat dibawah :

    You have gotta;
    Dance like there’s nobody watching,
    Love like you’ll never be hurt,
    Sing like there’s nobody listening, and
    Live like it’s heaven on earth.

    *William W. Purkey

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar