Virtual Run Bagi Pemula ; Ternyata Mudah dan Praktis

Virtual Run merupakan produk dari kemajuan teknologi dan mobilitas penduduk dunia yang semakin tinggi. Virtual Run sendiri adalah kegiatan berlari yang dapat dilakukan dimana dan kapan saja menyesuaikan waktu dan lokasi runner (pelari), baik itu melakukan kegiatan lari di jogging track, jalan sekitar rumah, menggunakan trademill, atau juga melakukannya saat suatu event race dilaksanakan. Trend olahraga ini sudah dimulai sekitar lima tahun yang lalu. 

Saya baru mulai mengandrungi virtual run dan walking di Februari 2020 yang lalu dan di bulan Juni 2020 sudah berhasil menggantung 6 (enam) buah Medal. Sebagai seorang pemula dalam dunia olahraga ini, kesan yang saya dapat ; ternyata mudah dan praktis. Dari sisi waktu dan tempat yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan kemauan kita sebagai runner ataupun walker, dari sisi keamanan dan kenyamanan yang bisa dipilih sendiri juga aplikasi dan medal yang ditawarkan begitu variatif. 

Tidak hanya olahraga virtual cycling, virtual walking pun memiliki jumlah peminat yang bukan main banyaknya. Kesadaran akan gaya hidup sehat ditengah rutinitas yang padat menjadi alasan utama kaum urban khususnya untuk mulai melakukan olahraga yang dapat disesuaikan dengan waktu dan tempat tanpa terikat apapun namun tetap dapat mengukur jarak, kecepatan detak jantung, pembakaran kalori, durasi waktu, dan kecepatan lari per lap atau putaran yang dilakukan. 

Tingginya peminat mendorong semakin banyaknya aplikasi pendukung bermunculan. Aplikasi tersebut pun dapat di install dan disesuaikan dengan jam tangan (smart watch) yang dimiliki. Sekalipun virtual run dapat dilakukan sendiri, namun banyak juga event yang diselenggarakan melalui kegiatan virtual run; apakah untuk mengumpulkan donasi bencana alam atau donasi lainnya, sebagai peringatan akan suatu peristiwa besar; seperti Peringatan Hari Kemerdekaan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda, atau juga event untuk menunjukkan dukungan penuh kepada suatu kelompok tertentu seperti; Peringatan Hari Kanker Sedunia, dan Peringatan Hari AIDS Sedunia dan lain sebagainya.

Virtual Run bisa dibilang sama dengan event lari pada umumnya, dimana setiap pelari atau partisipan  yang sampai ke garis finish (finisher) akan mendapatkan badge dan medal dan jersey sesuai dengan syarat dan ketentuan dari penyelenggara.

Running dan Walking olahraga yang murah meriah namun tetap memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun demikian, berlari dan berjalan memiliki prosedür yang tetap harus dijalankan untuk mendapatkan kesehatan yang maximal dan mengurangi resiko cidera. Perhatikan juga pakaian dan kelengkapan saat berlari dan berjalan.

Beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum melakukan virtual run atau walking bagi pemula ;

1. Perbanyak Referensi Aplikasi
Yang mudah digunakan dan sesuai bagi kebutuhan kamu. Pada umumnya, aplikasi yang ditawarkan oleh vendor itu compatiable bagi pengguna android dan IOS, namun penggunaan atau feature yang ditawarkan relatif beragam. Saya sudah mencoba beberapa aplikasi dan sudah menemukan yang cocok.

2. Event dan Event Organizer
Virtual Run atau Walking atau Cycling pada sama dengan event pada umumnya, memiliki tujuan khusus; apakah untuk menggalang dana, memperingati hari penting atau tokoh penting atau moment lain yang dianggap membutuhkan dukungan kalangan banyak. Pilihlah event yang kamu sukai dan perhatikan dengan cermat Term & Condition dan EO yang bisa dipercaya alias tidak mempersulit partisipant dalam mengikuti event dan pendistribusian medal.

3. Safety First
Setiap pribadi memiliki kebutuhan yang berbeda, mulai dari kondisi kesehatan dan perlengkapan/ tools yang diperlukan. Untuk itu, cermatlah mengetahui details kondisi kesehatan kamu. Jika diperlukan lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau seseorang yang ahli dibidangnya. Dan untuk perlengkapan/ tools kamu bisa pilih yang membuat kamu nyaman. Mulai dari outfit sampai lokasi dimana kamu akan melakukan aktifitas / olahraga ini. Apalagi dimasa pandemic yang harus memperhatikan protokol kesehatan new normal.

4. Practice Make Permanent
Lakukan latihan dengan rutin. Tidak perlu mematok target yang terlalu berat. Berlahan saja, mulai dari waktu, jarak dan kecepatan yang ringan, sedang hingga penuh tantangan atau kategori berat. Yang penting, lakukan dengan tujuan agar tubuh dan pikiran bahagia, bukan tersiksa.

5. Pelajari Istilah Baru
Banyak sekali istilah atau ungkapan yang baru saya ketahui dalam olahraga ini. Seperti yang saya paparkan sedikit diatas. Selebihnya, kamu bisa mencari referensi lain yang diperlukan. Misalkan ada istilah dalam aplikasi yang kamu belum tau, silahkan gunakan mesin pencarian atau googling. Banyak sekali author atau blogger yang mengupas tuntas mengenai virtual running, walking, cycling.

6. Mulai Sekarang
Dari tips satu sampai lima, ini bagian terpentingnya. Lakukan sekarang ! Mulai registrasi event pertama kamu dan segera berjuang untuk mendapatkan medal pertama. Ketika kamu menerimanya untuk pertamakali, medal lebih dari medal. Rasa puas dan bangga akan menghias wajah kamu.

Jadi, tunggu apalagi ?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar