Belajar SEO di Kelas Blogger Medan

Belajar SEO (Search Engine Optimization) di Kelas Blogger Medan Hari ini menjadi pengalaman pertama saya sebagai newcomer di dunia blogger. Ternyata banyak sekali ilmu panting yang baru saya ketahui. Kelas ini dibawa oleh Bang Rudi Hartoyo yang juga merupakan founder Medan Wisata.

Definisi SEO versi Wikipedia (terjemahan dari bahasa Inggris) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.

Untuk memaximalkan tulisan, tentu diperlukan management atau pola yang mempermudah admin dalam mengelolah web atau blog. Dengan ada SEO seorang blogger bisa menggiring tulisan atau content sesuai yang diharapkan, disamping itu dengan adanya SEO pembaca dipermudah untuk mencari artikel/ konten yang di cari.

Jika kamu pemula seperti saya ada baiknya bergabung dengan komunitas blogger di daerah kamu ya. Di Kota Medan sendiri memiliki komunitas blogger yang aktif yaitu Blogger Medan (Blog-M), disini kamu bisa sharing pengalaman dan mendapat ilmu serta memperbanyak teman dengan hobby yang sama yang akan menambah kepercayaan diri dalam membuat sebuah konten/ tulisan. 

SEO sendiri meliputi Analysis, HTML, Social Media, Design, Ranking, Keywording. SEO dapat dikategorikan menjadi dua yaitu ON PAGE yang mencakup Keywords, Alt Tag, Quality Content, Meta Description, H1 Tags, dan Title Tags. Sementara OFF PAGE meliputi Blogs, Social Media, Link Building, Article Submission, Document Sharing dan Infographic Submission.

Peserta Belajar SEO di Kelas Blogger Medan
Peserta di Kelas Blogger Medan Saat Mengikuti Materi SEO
Hal dasar namun penting yang harus diketahui ialah penempatan keyword di awal tulisan. Seperti yang diketahui bahwa google akan membaca keyword pada tulisan di 16 kata pertama. Kembangkan juga turunan keyword tulisan kamu sekitar 3% dari total banyaknya kata pada tulisan. Dalam mengembangkan skill tulisan, memperbanyak referensi juga akan sangat membantu. Lakukan blogwalking atau mengunjungi blog / tulisan lainnya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa comment positif yang disisipkan alamat blog kamu, ini bertujuan agar pemilik blog yang kamu kunjungi mengetahui visitornya dan secara tidak langsung alamat blog kamu juga data dilacak dengan mudah.

Jadi, mari mulai membenahi template agar menjadi blog yang SEO Friendly.


Berikut beberapa referensi Tools untuk menganalisa SEO :
http://www.neilpatel.com/ 
https://seositecheckup.com/ 
https://smallseotools.com/website-seo-score-checker/
https://www.cekseo.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar